Senin, 17 Oktober 2011

Batik Kaltim dan Batik Shaho

Bermula dari keterampilan menyablon yang didapat dari sebuah pelatihan yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Balikpapan, usaha batik Shaho mulai didirikan dan dikembangkan dengan serius oleh Pak Tono bersama keluarga sejak tahun 1900.
Motif batik yang dikreasikan pak Tono dan keluarga ini kebanyakan mengambil motif dayak Kenyah, terutama motif-motif tumbuhan yang kerap ditemui di ukiran suku Dayak Kenyah.
Motif yang menunjukkan binatang atau manusia memang sengaja dihindari karena alasan religius yang dipegang keluarga ini.
Meski sempat nyaris bangkrut ketika krisis moneter melanda Indonesia di tahun 1998, usaha ini selalu bangkit dan berkembang hingga sekarang. Batik Shaho juga dirintis melalui usaha kursus batik untuk masyarakat umum. Banyak dari muridnya merupakan golongan ekspatriat yang tidak pernah segan membayar lebih mahal dari biasanya.
Cap Batik Shaho Perbedaan tarif kursus antara murid dari kalangan ekspatriat dan pribumi bisa sangat jauh. Bila tarif kursus untuk pribumi hanya Rp,50,000,00, tarif untuk kalangan ekspatriatnya bisa mencapai Rp,500,000,00 per orang. Untuk pembelian kain batiknya pun juga begitu. Pak Tono sendiri mengatakan, bahwa orang asing justru lebih menghargai kesenian lokal.
Batik Shaho tidak hanya menjual jenis batik tulis saja. Untuk pemesanan yang menginginkan harga murah dan proses pembuatan yang cepat, batik dapat dibuat dengan metode batik cap. Namun dari segi hasil jelas berbeda. Batik cap lebih mudah luntur dibanding batik tulis.

http://www.indonesiabox.com/belanja-sekaligus-kursus-batik-kaltim-di-batik-shaho/

1 komentar:

  1. BONUS CUMA-CUMA senilai JUTAAN RUPIAH jika berlangganan!!! Dicari Agen Pakaian di Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa, Sumatera, dan seluruh Indonesia. Kami memproduksi beraneka macam pakaian pria, wanita, busana muslim, jilbab, batik, baju koko / taqwa, aksesoris, dan lainnya. Model pakaian modern, Kualitas bagus dan Harga murah. Khusus pembelian grosir / partai. Segera hubungi 083834375641 [0.8.3.8.3.4.3.7.5.6.4.1] / Line : x0fernandes0x

    BalasHapus